Materi Kegiatan MOS/MOPDB kami di MTs Al Kautsar salah satunya adalah Bahaya Penyalahgunaan NARKOBA. Sebagai nara sumber kami menjalin kerjasama dengan Kepolisian Sidoarjo.

Maksud kegiatan ini adalah : memberikan wawasan dan pengetahuan kepada siswa tentang bahaya penyalahgunaan NARKOBA serta dampak buruk yang ditimbulkannya, dengan tujuan: (1) Meningkatkan pengetahuan tentang bahaya penyalahgunaan NARKOBA serta dampak buruk yang ditimbulkannya; (2) Meningkatkan kesadaran siswa akan peran pentingnya dalam menentukan masa depan bangsa.

Masalah Narkoba ini juga terkait juga dengan Tantangan Pendidikan kita karena Narkoba/Perang Candu, 5,1 juta pengguna, 15.000 meninggal setiap tahun (BNN, 2016).

Penyampaian materi oleh narasumber dari POLSEK Sukodono oleh Ipda Ainul Kuri untuk kelas putra dan Bripka Yusnita untuk kelas putri dengan materi “Mengenal Narkoba dan Dampaknya”. Narasumber memaparkan beberapa hal penting sebagai berikut: NARKOBA merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Berbahaya Addiktif lainnya. Narkotika dan Psikotropika diatur dalam Undang-Undang, sementara Zat Adiktif merupakan zat-zat yang sebenarnya kita perlukan sehari-hari jika penggunaannya tepat.

Ketergantungan narkoba, menyebabkan gangguan pada otak, yang menimbulkan perubahan, perilaku, pikiran dan perasaan. Darurat Narkoba: Daya rusak Narkoba lebih serius karena Narkoba merusak otak secara permanen.

Narkoba sebagai mesin pembunuh massal (silent killer) yang merusak manusia terutama pada fungsi kerja otak, fisik, dan emosi. Diperkirakan 40-50 orang per hari meninggal dunia karena narkoba.

UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Pasal 60 (2) c mencegah generasi muda dan anak usia sekolah dalam penyalahgunaan Narkotika, termasuk dengan memasukkan pendidikan yang berkaitan dengan Narkotika dalam kurikulum sekolah dasar sampai lanjutan atas; Untuk menciptakan kesadaran pelajar tentang perkembangan situasi terkini di sekitar mereka khususnya terhadap darurat NARKOBA maka perlu diperkenalkan konsep Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

[LPI Al-Kautsar Boarding School, Sidoarjo 27 Juli 2018]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 4 =