Semua pasti sepakat bahwa pembelajaran tidak harus mesti dilakukan didalam kelas, semua juga boleh merencanakan untuk pergi keluar sekolah bersama siswa. Bisa satu hari penuh, setengah hari pun bisa asalkan dipandang cukup memberikan anak pengalaman belajar di luar. Belajar diluar anak mengalami sendiri langsung dan lebih dekat dengan pengetahuan dan wawasan baru.

Pendampingan studi tour anak-anak MTs Al Kautsar kali ini ke Taman Safari Prigen Jawa Timur. Sungguh perjalanan yang menyenangkan, menambah keilmuan dan menghilangkan ketegangan (Stress).
Mendampingi anak-anak untuk studi tour bisa disebut sebagai mendidik 24 jam. Ini istilah yang mengacu pada kondisi awas kita sebagai pendidik untuk selalu awas dan waspada dalam mendampingi siswa-siswi kita saat dilapangan dan di lokasi kunjungan. Kondisi ini menjadi begitu penting untuk diwaspadai karena ketiadaan orang tua dan faktor lain seperti kesehatan keamanan fisik dan emosional yang perlu menjadi perhatian kita sebagai pendidik selama dalam perjalanan.

Ada beberapa catatan yang mungkin terlewat bagi kita dalam mendampingi anak-anak ketika studi tour.

1. Survei dulu tempat yang akan dikunjungi, tempat yang di kunjungi tidak harus mahal dan jauh yang penting menambah potensi keilmuan siswa dan sesuai yang dipelajari dikelas. Jangan lupa minta alamat, kontak person, nomor telepon, alamat email. Sepulang dari survei tidak lupa bawa poster dan brosur yang mendukung untuk diperlihatkan pada siswa atau rekan guru serta pimpinan. Bagaimana dengan cuaca di lokasi. Perlukah siswa membawa jas hujan atau berpakaian olah raga bila medan nya dipandang berat.

2. Berkoordinasi dengan yayasan dan kepala sekolah mengenai staff yang akan ikut serta, hal ini bergantung pada tipe dan jarak kunjungan. Jika ada peristiwa yang membutuhkan persetujuan pimpinan, lakukan lah kontak dengan segera. Dengan demikian semua pihak mendapat informasi yang sama. Mengeluarkan surat untuk persetujuan orang tua, melakukan kontak untuk kunjungan dengan tempat yang akan dituju dengan sepengetahuan kepala sekolah. Sepulangnya dari perjalanan guru harus menulis refleksi dari perjalanan (hal apa saja yang perlu mendapat sekaligus berita untuk majalah sekolah)

3. Keamanan dan keselamata, Saat dalam kerumunan orang banyak posisikan satu guru paling depan dan satu guru berjaga terus di urutan paling belakang. Pastikan anda mempunyai nomor kontak siswa, daftar obat yang harus diminum semua telah didokumentasikan dan disiapkan.

4. Bawalah kotak kecil berisi alat tulis serta hal lain yang diperlukan. Membawa P3K, dan obat siswa jika sedang meminum obat dari dokter. Kotak atau map khusus untuk dokumen mengenai obat yang diminum serta pantangan atau alergi. Bawa satu telepon selular untuk dihubungi oleh orang tua siswa. Satu nomor saja, dengan demikian informasi datang dari satu pintu.

5. Lakukan penghitungan setiap kali akan bergerak dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Pegang selalu daftar siswa yang ikut serta. Tugaskan satu orang pendamping menghitung.

6. Gunakan penanda khusus agar siswa mudah dikenali di keramaian. Berikan tanda peserta saat awal keberangkatan. Tanda peserta juga berisi nomor telepon guru yang bisa dihubungi. Berikan instruksi siswa untuk membawa cemilan yang sehat untuk bekal di perjalanan. Berikan pengertian bahwa perjalanan keluar sekolah adalah tetap merupakan kegiatan belajar mengajar. Berikan mereka kepercayaan untuk menjaga tingkah laku. Kata kan bahwa mereka mewakili nama sekolah saat ada di luar sekolah. Yakin kan siswa aka nada konsekuensi bagi yang melanggar. Yang terberat adalah siswa dipulangkan saat kunjungan masih berlangsung. Minta mereka membawa alat tulis Uang secukupnya bukan untuk berbelanja tetapi untuk membeli kenang-kenangan yang mungkin diperlukan dalam proses pembelajaran di kelas.

7. Bekerja sama dengan orang tua saat mempersiapkan, lakukan pertemuan beberapa minggu sebelum keberangkatan. Buat jejaring telepon antar orang tua. Orang tua berhak mengetahui tujuan perjalanan, jadwal kegiatan serta semua yang berkaitan dengan perjalanan.

8. Bekerjasama dengan pihak administrasi sekolah. Pemesanan transportasi bisa dilakukan oleh administrasi sekolah. Pilih perusahaan angkutan yang mengutamakan keselamatan. Simpan baik-baik semua tiket dan hal yang berhubungan dengan ijin masuk angkutan maupun ke lokasi. Jika harus dibagikan lakukan pada saaat pelaksanaan.

( Taman Safari Prigen Jawa Timur, 29 April 2019)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + 11 =